Langkah-Langkah Membuat Sertifikat dengan memanfaatkan Mailmerge;
klik
start pilih dan klik Microsoft office
pilih dan klik Microsoft Excel
Setelah Microsoft excel terbuka tuliskan identitas dan hal-hal
yang perlu dicantumkan dari orang yang akan diberikan sertifikat, seperti: nama,
jenis pelatihan, dll
Setelah itu tentukan predikat dengan menggunakan rumus =IF(D3<70,"Kurang","Baik")
Lakukan hal yang sama untuk keterangan dengan rumus =IF(D3<70,"Mengulang","Lulus")
Jika data sudah lengkap lakukan penyimpanan (save
as) pada excel di sebuah folder dan beri nama untuk mempermudah
Jika sudah muncul tampilan Microsoft publisher, klik
new dan pilihlah Award Certificates untuk memilih bentuk-bentuk sertifikat yang
diinginkan
Simpan terlebih dahulu pada folder yang sama dengan
Microsoft excel yang tadi sudah disimpan
·
Edit dan tuliskan hal-hal yang perlu ditulis,
kecuali untuk nama, dan beberapa keterangan yang sudah ditulis di Microsoft excel
tadi diatur dengan menggunakan mail merge.
klik Mailings pada menu bar pilih Select
recipients pilih Use Existing List
Maka akan muncul tampilan seperti ini
Kemudian pilih file Microsoft Excel yang
tadi sudah disimpan dan klik open dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini klik ok
Klik Ok juga pada
Mail Merge Recepiens
·
Selanjutnya pilih Insert
Merge Field, dan pilih
data yang akan anda masukan, maka nama dengan otomatis akan berganti seperti data-data
pada Microsoft Excel.
Untuk data jenis pelatihan atau data-data yang
lainnya dilakukan dengan cara sama, kemudian klik Preview
Results, maka nama dan
data-data lainnya akan muncul sesuai pada kolom-kolomnya.
Untuk mengganti nama pilih tanda panah Previous Record sesuai nama yang dibutuhkan.
Untuk data jenis pelatihan dan data-data yang
lainnya akan otomatis mengikuti sesuai data yang dibutuhkan pada sertifikat
·
Kemudian save kembali
·
Sertifikat telah jadi dan siap untuk dicetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar